Leonardo Del Vecchio adalah
pendiri dan ketua Luxottica, sebesar $ 3 miliar (penjualan) desainer dan
produsen frame kacamata. Perusahaan itu memiliki Hut Sunglass dan rantai
LensCrafters dengan total lebih dari 6000 toko. Menurut majalah Forbes, ia
adalah orang terkaya kedua di Italia (setelah Michele Ferrero) dengan kekayaan
bersih US $ 11 miliar membuatnya ke-71 dalam peringkat dunia per Maret 2011.
Ia lahir di Milan, Italia pada
tahun 1935 sebagai anak dari keluarga miskin. Ayahnya meninggal lima bulan
sebelum kelahirannya. Dia diberikan kepada panti asuhan oleh ibunya karena ia
tidak dapat mendukung secara finansial. Dia memulai karirnya sebagai magang ke
alat dan pembuat pewarna di Milan, tetapi memutuskan untuk mengubah
keterampilan Metalworking untuk membuat bagian tontonan. Jadi pada tahun 1961
ia pindah ke Agordo di provinsi Belluno, yang merupakan rumah bagi sebagian
besar industri kacamata Italia. Perusahaan baru itu Luxottica sas, kemitraan
terbatas. Pada tahun 1967 ia mulai menjual frame kacamata lengkap dengan merek
Luxottica, yang terbukti cukup sukses yang pada tahun 1971 ia mengakhiri
kontrak bisnis manufaktur.
Yakin akan perlunya integrasi
vertikal, pada tahun 1974 ia memperoleh Scarrone, sebuah perusahaan distribusi.
Pada tahun 1981 perusahaan mendirikan anak perusahaan internasionalnya yang
pertama, di Jerman, yang pertama dalam periode yang cepat dari ekspansi
internasional. Yang pertama dari banyak kesepakatan lisensi dengan desainer
terkesan dengan Armani, pada tahun 1988.
Perusahaan yang terdaftar di New
York pada tahun 1990, dan di Milan pada bulan Desember 2000, bergabung dengan
MIB-30 (sekarang S & P / MIB) indeks pada bulan September 2003. Daftar ini
meningkatkan kemampuan perusahaan untuk mengakuisisi merek lain, dimulai dengan
merek Italia Vogue pada tahun 1990, dan US Persol Sepatu Corporation
(LensCrafters) pada tahun 1995, Ray-Ban pada tahun 1999 dan Sunglass Hut, Inc
pada tahun 2001. Mereka pergi mencari perusahaan ritel yang lebih, memperoleh
OPSM yang berbasis di Sydney pada tahun 2003, Pearle Vision pada tahun 2004,
Surfeyes pada tahun 2006, dan Cole Nasional pada tahun 2004. Baru-baru ini,
mereka mengakuisisi Oakley dalam US $ 2.1bn kesepakatan pada bulan November
2007.
Visi futuristik Del Vecchio untuk
mengontrol setiap langkah dari proses manufaktur mata-kaca bersama dengan
keputusan strategis bisnis, memimpin Grup Luxottica untuk mulai kemungkinan
akuisisi dalam distribusi dan bidang ritel. Luxottica secara bertahap mengambil
alih merek-merek terkenal Italia seperti Vogue, Persol, perajin Lens diikuti
dengan mengakuisisi Ray-Ban, merupakan ikon merek Amerika. Perlahan-lahan,
Luxottica telah memperoleh semua utama mata-kaca termasuk baru-baru membeli
Oakley sebesar $ 2,1 miliar. Luxottica juga produsen untuk merek-merek mewah
terbesar termasuk Ferragamo, Chanel, Versace, Prada, Armani, Ralph Lauren,
Tiffany, dan DKNY.
0 komentar:
Posting Komentar